5 Jenis Penyakit Autoimun Paling Umum Terjadi, Lebih Banyak Dialami Wanita!

freepik.com

Penyakit mempunyai banyak jenisnya, seperti yang kita tahu penyakit ini merupakan kondisi ketika sistem imun tubuh menyerang sel dan organ dalam tubuh itu sendiri Menurut American Autoimmune Realated Disease Association, ada sekitar 100 lebih penyakit yang termasuk golongan autoimun.

Dari jumlah tersebut, sebagian besar penderitanya adalah wanita. Dalam sebuah penelitian, wanita memang mempunyai risiko yang lebih tinggi untuk terkena penyakit ini, meskipun kedua jenis gender bisa mengalaminya.

Risiko yang lebih tinggi pada wanita itu terkait dengan perubahan hormon ketika pubertas dan  mengandung. Dilansir dari latimes.com, sesungguhnya perbandingan risiko terkena penyakit autoimun antara laki-laki dan perempuan pada masa kanak-kanak tidak jauh berbeda.

Risiko pada wanita meningkat lebih tinggi setelah ia mengalami pubertas dan kehamilan. Pada saat kehamilan dan melahirkan, wanita mengalami peningkatan risiko oleh karena sisa-sisa sel dan jaringan persalinan yang ditinggalkan oleh bayi.

Hal tersebut men-trigger sistem imun tubuh untuk kemudian menganggapnya sebagai benda asing. Reaksi inflamasi lebih rentan terjadi dan memicu terjadinya penyakit autoimun ini.

Dari 100 jenis penyakit autoimun, berikut 5 jenis yang paling banyak dialami oleh wanita:

1. Psoriasis

Penyakit autoimun ini ditandai dengan kulit yang menebal, radang, dan bersisik. Penyakit ini umumnya terdapat di kulit kepala, siku, lutut, dan punggung bawah.

Kondisi ini terjadi karena kulit membelah terlalu cepat. Hal ini disebabkan faktor keturunan yang utamanya dipicu oleh faktor-faktor lingkungan seperti sinar matahari langsung, luka, infeksi, stress, alcohol dan rokok.

Baca Juga:

2. Rheumatoid arthritis (RA)

Penyakit ini termasuk bentuk arthritis anggota gerak berupa peradangan pada sendi. Sendi yang kerap terkena RA yaitu tangan, pergelangan tangan, kaki, pergelangan kaki, lutut, bahu, dan siku.

Seiring berjalannya waktu, RA bisa menyebabkan kerusakan pada sendi sehingga bisa menurunkan fungsi pergerakan tubuh dan disabilitas. Penyakit ini  menyerang kelompok usia 30-50 tahun dan belum diketahui penyebab pastinya.

3. Psoriatic arthritis

Psoriatic arthritis termasuk salah satu arthritis (radang sendi) yang berkaitan dengan kondisi psoriasis. Psoriasis sendiri merupakan penyakit kronis pada kuku dan kulit. Psoriasis ditandai dengan kulit berwarna merah, ruam bersisik dan kuku tebal berbintik.

Penyakit ini tidak bisa benar-benar disembuhkan. Penderita hanya bisa mengatasi gejala-gejala dan rasa sakit yang timbul, dengan berbagai cara seperti pengobatan rutin, olahraga, tidur cukup dan makan teratur.

4. Lupus

Ciri-ciri penyakit ini yaitu terjadinya kerusakan pada beberapa bagian tubuh seperti persendian, kulit, dan organ tertentu seperti ginjal, jantung.

Diperkirakan penderita penyakit ini hanya 10 persennya pria, dan sisanya adalah wanita. Pengobatan dan perubahan gaya hidup sangat diperlukan untuk mengendalikan peradangan dan meminimalisir kerusakan organ.

5. Thyroid diseases

Penyakit ini dapat dibagi lagi menjadi dua jenis, yaitu Graves Disease, yaitu keadaan dimana tiroid memproduksi hormon terlalu banyak dan  Hashimoto’s Thyroiditis.

Penyakit yang menyebabkan hormon tiroid yang diproduksi terlalu sedikit. Wanita mempunyai risiko 7 kali lipat lebih tinggi untuk mengalami penyakit ini dibanding dengan pria.



Itulah tadi 5 penyakit autoimun yang lebih banyak diderita oleh wanita. Meskipun wanita mempunyai risiko tinggi, dengan pola hidup yang sehat dan seimbang , penyakit tersebut bisa diatasi gejalanya kok. Tetap semangat, ladies!