Hindari Depresi, Jaga Kesehatan Mental dengan 7 Jenis Makanan Ini

freepik.com

Gaya hidup di era modern seperti sekarang disebut sebagai gaya hidup yang tidak sehat bagi psikologis manusia.

Kehadiran teknologi saat ini nyatanya justru membuat kesehatan mental masyarakat mengalami kemerosotan.

Terbukti, menurut penelitian salah satu penyakit mental kecemasan dan depresi sudah menjadi epidemi di dunia.

Tanpa memandang usia dan gender, depresi bisa menghampiri siapa saja. Bahkan, hampir semua orang di dunia pernah mengalami kecemasan yang mana merupakan salah satu gejala dari depresi.

Sebenarnya ada banyak cara untuk menghindari penyakit mental seperti depresi. Salah satu cara untuk terhindar adalah dengan mengonsumsi berbagai sumber makanan bergizi.

Berikut ini adalah berbagai jenis makanan yang bisa membantu menjaga keseimbangan mental:

1. Karbohidrat kompleks dari tumbuh-tumbuhan

Salah satu fungsi karbohidrat adalah sebagai mood booster. Karbohidrat dalam tubuh diketahui  mampu meningkatkan kerja hormon di otak bernama serotonin.

Serotonin sendiri mempunyai fungsi menjaga keseimbangan emosi. Sebenarnya, baik karbohidrat kompleks maupun karbohidrat sederhana mempunyai pengaruh yang sama terhadap aktivitas serotonin.

Namun dibanding karbohidrat kompleks, karbohidrat sederhana mempunyai efek lain yang tidak sehat, seperti obesitas dan diabetes.

Maka dari itu, karbohidrat kompleks menjadi pilihan yang tepat untuk menjaga kestabilan emosi dan ketenangan pikiran. Zat gizi ini bisa didapatkan dari berbagai buah-buahan, Sayur-sayuran dan tumbuhan jenis legum.

2. Daging-dagingan dan kacang-kacangan padat protein

Memakan bahan makanan kaya protein membantu otak memproduksi hormon serotonin. Dengan asupan protein harian yang cukup, kondisi hatimu bisa tetap terjaga meskipun dalam keadaan penuh tekanan.

Kecukupan protein yang membantu efektivitas serotonin ini dipenuhi dengan daging-dagingan seperti ayam, daging sapi, unggas dan kacang-kacangan seperti kedelai, kacang tanah, almond dan berbagai jenis kacang lainnya.

Selain itu produk hewani seperti telur, susu, dan keju juga mengandung banyak protein untuk kesehatan mental.

3. Makanan kaya Vitamin D

Menurut suatu penelitian, orang dengan vitamin D yang rendah mempunyai kemungkinan yang lebih tinggi untuk mengalami depresi.

Selain itu, para ahli membuktikan pula bahwa gejala depresi semakin berkurang dan berangsur membaik setelah asupan vitamin D ditingkatkan.

Makanan tinggi vitamin D dapat berasal dari hewan maupun tumbuhan. Sumber vitamin D hewani meliputi keju, yogurt, susu, ikan salmon.

Sumber vitamin D berasal dari nabati misalnya bayam, kedelai, okra, oatmeal.

4. Sumber makanan kaya antioksidan

Antioksidan berfungsi untuk menjaga sel-sel neuron otak, serta meningkatkan kinerja otak pada saat keadaan penuh tekanan. Seperti yang diketahui, otak merupakan pusat pengatur emosi dan mental seseorang.

Antioksidan juga berperan menangkal radikal bebas yang dapat merusak berbagai sel tubuh termasuk sel otak.

Jenis makanan kaya antioksidan adalah berbagai jenis berry, seperti blueberry, strawberry, goji berry, kale, buah beet, dan dark chocolate.

5. Probiotik

Probiotik merupakan mikroorganisme hidup yang hidup di usus dan bermafaat bagi proses pencernaan. Banyak penelitian membuktikan bahwa kesehatan usus berkaitan dengan kondisi mental yang sehat.

Dibuktikan oleh para ahli, mikroorganisme di dalam organ pencernaan ini ikut menentukan suasana hati dengan cara meminimalkan peradangan di dalam tubuh, menghasilkan neurotransmitter perasaan senang dan memperbaiki respon stress.

Sumber makanan kaya probiotik yaitu yogurt, tempe, tahu, miso, dan natto

6. Sumber Omega-3

Di dalam tubuh, omega-3 berperan dalam pembentukan jaringan antar sel otak dan menguatkan reseptor. Meningkatnya asupan omega-3 meningkatkan produksi serotonin dan keseimbangan mood.

Omega-3 ini paling banyak terkandung dalam ikan. Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa konsumsi ikan yang rendah berhubungan dengan gejala depresi yang timbul.

Sumber dari omega-3 antara lain: salmon, mackerel, minyak hati ikan cod, sarden, kerrang, dan biji chia.

7. Makanan tinggi folat

Folat merupakan salah satu jenis vitamin B yang berperan dalam detoksifikasi sel dan pembentukan sel baru. Folat sering juga disebut vitamin B-9. Dalam riset, rendahnya asupan folat dalam tubuh berkaitan dengan depresi dan kepikunan.

Penggunaan folat yang digunakan bersamaan dengan obat antidepressant juga meningkatkan penyerapan obat dengan hasil kesembuhan yang lebih baik.

Makanan yang mengandung folat ini cukup banyak ragamnya.

Contoh bahan pangan sarat folat antara lain berbagai jenis buah-buahan, kacang, berbagai jenis sayur terutama yang berdaun hijau, nasi, keju, telur, susu, ikan, daging, dan masih banyak lagi.



Itulah tadi 7 jenis kandungan makanan yang bisa menghindarkan diri dari penyakit mental seperti depresi. Jangan pernah meremehkan apa yang dimakan.

Pepatah bijak mengatakan bahwa, "kamu adalah apa yang kamu makan. Mengonsumsi makanan bergizi dan sehat akan membuatmu sehat pula".

Tidak hanya kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental. Jadi selalu perhatikan makananmu ya!