Jangan Dibuang, Ini 7 Manfaat Ampas Kopi Untuk Kesehatan Kulit dan Wajah

freepik.com

Lebih dari sekadar minuman untuk mengawali hari atau teman bekerja, kopi mempunyai banyak manfaat lain. Kafein yang ada di dalam secangkir kopi mampu meningkatkan kinerja.

Biasanya dari secangkir kopi ini akan dihasilkan sisa serbuk kopi yang diseduh, yang biasa kita sebut ampas kopi. Sebagian orang lantas membuang ampas ini karena dirasa barang sisa saja.

Tetapi, apakah kamu tahu bahwa sesungguhnya ampas kopi ini bisa digunakan untuk kesehatan dan kecantikan kulit dan wajah?

Kopi mengandung antioksidan yang tinggi. Tidak terkecuali ampasnya yang sering kali langsung berakhir di tong sampah.

Zat antioksidan turut membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan kopi memang kebetulan juga dikemas dengan tambahan antioksidan.

Zat ini juga dipercaya khasiatnya sebagai penghambat penuaan dan sudah dibuktikan dalam berbagai penelitian.

Selain antioksidan, kandungan kafein dalam kopi juga mempunyai khasiat. Menurut seorang ahli kecantikan berlisensi di The Day Spa at Folawns, San Antonio, cukup banyak produk-produk kecantikan yang didalamnya mengandung kafein.

Segudang manfaat yang terkandung dalam ampas kopi menjadikannya sayang untuk tidak digunakan.

Berikut manfaat ampas kopi bagi kulit dan wajah:

1. Scrub natural untuk tubuh dan wajah

Ampas kopi yang berbentuk butiran-butiran halus sangat cocok untuk dijadikan scrub, baik scrub tubuh maupun wajah.

Untuk wajah, membuat scrub ampas kopi disarankan ntuk menggunakan minyak almond yang dicampur dengan gilingan espresso. Scrub ampas kopi ini mampu memberikan dua manfaat, pengelupasan dan pengencangan.

Proses pengelupasan akan mengelupaskan dua sampai lima lapisan kulit mati dan rusak, dan kafein akan merangsang aliran darah dan melebarkan pembuluh darah yang menimbulkan efek mengencangkan.

2. Melembutkan dan mencerahkan kulit

Antioksidan dalam kopi dapat membantu merevitalisasi kulit pucat kusam dan memperbaiki penampilan yang tampak lelah.

Kabar baiknya, efeknya hampir langsung. kandungan antioksidan ini akan membantu melindungi kulit dan kesehatan organ lain. Bubuk kopi dapat mengelupaskan dan melembutkan kulit dan membantu meningkatkan tone warna kulit.

3. Menghilangkan kantung mata

Lingkaran hitam atau bengkak di bawah mata yang disebabkan oleh faktor genetik, alergi, retensi cairan dan kurang tidur menjadi keluhan kecantikan yang umum.

Untuk menyembuhkannya, oleskan ampas kopi yang didinginkan ke area bawah mata. Diamkan sisa kopi selama 10 menit dan bilas hingga bersih.

Kafein memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu menyempitkan pembuluh darah, sehingga mengurangi pembengkakan di bawah mata.

4. Mengencangkan kulit dan menghambat penuaan

Kopi yang kaya antioksidan mampu memperlambat proses penuaan yang disebabkan oleh kerusakan DNA. Sifat antioksidan ini sama seperti yang ada di teh, cokelat dan anggur.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa kopi (khususnya minyak kopi) memiliki efek serupa dengan bahan perawatan kulit anti-penuaan asam hialuronat. Kopi berkhasiat meningkatkan kolagen dan elastin kulit, sehingga terlihat lebih kencang.

5. Melembutkan bibir

Kulit bibir merupakan bagian yang sensitive terhadap lingkungan, makanan, juga cuaca. Sehingga bibir tampak kusam dan tidak menarik.

Scrub bibir untuk ampas kopi bisa menjadi solusi untuk masalah tersebut dengan efek melembutkan yang ditimbulkannya.

Untuk membuat scrub ampas kopi untuk bibir, gunakan campuran dua bahan lain yaitu madu dan minyak zaitun agar hasil lebih memuaskan.

6. Mengatasi selulit kulit

Selulit merupakan kondisi dimana kulit terlihat seperti bertekstur lesung dan bergelombang. Kondisi ini dialami 80-90% wanita dewasa.

Selulit terjadi ketika timbunan lemak terdorong dalam jaringan ikat di bawah kulit dan umumnya terlihat di bokong dan paha.

Kafein dalam bubuk kopi yang diaplikasikan di kulit dapat membantu memecah lemak terebut dan meningkatkan aliran darah ke daerah tersebut, sehingga mengurangi penampilan selulit.

Cara untuk mengatasi selulit dengan ampas kopi cukup sederhana. Cukup campur bubuk dengan air atau minyak kelapa dan gosok selama 10 menit dua kali seminggu pada area yang terkena selulit.

7. Mempunyai efek melembabkan kulit

Kopi membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dengan mengurangi hilangnya air transepidermal (kelembaban yang menguap dari kulit). Kolagen yang terbentuk dari penggunaan ampas kopi ini, selain melembabkan juga menjaga elastisitas kulit.



Maka, jangan buru-buru membuang ampas kopi di rumah, ya. Tidak ada salahnya berkesperimen dengan mencoba ampas kopi sebagai bahan untuk skincare rutin harian. Selain murah, bahan natural ini juga tergolong aman. Selamat mencoba!