Mudah Dicari, 8 Bahan Ini bisa Menghilangkan Bau Kaki

freepik.com

Sebagian besar dari kita pasti pernah merasakan permasalahan bau kaki. Bau kaki, adalah kondisi medis yang sangat umum. Hal ini terjadi karena penumpukan keringat, yang berakibat pada pertumbuhan bakteri pada kulit.

Bakteri inilah yang menimbulkan bau tak sedap. Infeksi jamur seperti kaki atlet juga dapat menyebabkan bromodosis (istilah medis untuk bau kaki).

Kaki memiliki kelenjar keringat yang jumlahnya lebih banyak daripada bagian tubuh lainnya. Ada lebih dari 250.000 kelenjar menghasilkan satu cangkir keringat setiap hari. Di samping itu, kaki juga tertutup di dalam sepatu hampir sepanjang hari.

Hal ini menciptakan lingkungan yang ideal bagi bakteri untuk berkembang, menghasilkan bau kaki. Selain itu, kecemasan atau stres, obat-obatan tertentu dan perubahan hormon tubuh juga mampu memicu terjadinya peningkatan bau kaki, menurut ePodiatry.

Meskipun umum dialami, permasalahan bau kaki terkadang sangat mengganggu dan membuat kita tidak percaya diri. Sebagian orang mengatasi permasalahan ini dengan membeli produk tertentu. Tetapi sesungguhnya, tanpa mencari obat-obatan tertentu di toko obat ataupun swalayan, kita bisa menemukan solusi bau kaki di lemari rumah atau dapur.

Berikut bahan-bahan yang mudah kita temukan atau dibuat di rumah untuk menjadikan kaki bebas dari bau menyengat:

1. Teh hitam

Teh hitam adalah salah satu bahan dari dapur yang paling efektif untuk bau kaki. Entah itu teh celup atau seduh. Asam tanat dalam teh hitam pekat mampu membunuh bakteri serta menutup pori-pori.

Caranya, rebus dua kantong teh atau teh tubruk dalam satu liter air selama 15 menit, keluarkan kantongnya.

Setelah itu, tambahkan dengan dua liter air. Biarkan campuran ini menjadi dingin, kemudian rendam kaki Anda selama 15 hingga 30 menit.

Lakukan rutinitas ini setiap hari. Selain itu, dengan tambahan beberapa tetes minyak esensial di kaki, akan membuat kaki semakin segar.

2. Baking soda

Baking soda atau natrium bikarbonat, mempunyai manfaat menyeimbangkan keseimbangan pH kaki, mengurangi bau dari pertumbuhan bakteri.

Caranya, campurkan dua sendok makan baking soda dangan air hangat, lalu rendam kaki selama 15 menit. Lakukan hal ini cukup dua kali seminggu.

Cara lain, tanpa menggunakan air baking soda dapat langsung ditaburkan di dalam sepatu. Baking soda mampu menyerap kelembaban yang menyebabkan bakteri tumbuh.

3. Tepung maizena

Cara kerjanya hampir sama dengan baking soda, yaitu mengurangi kelembaban pada sepatu sehingga menghambat pertumbuhan bakteri.

Dengan mengaplikasikan tepung maizena di sepatu, kaki akan terasa lebih nyaman karena terasa kering dan bau kaki berkurang.

4. Larutan garam

Caranya, campurkan setengah cup garam meja dengan satu liter air hangat. Rendam kaki ke dalam larutan selama 15-20 menit.

Lakukan seminggu sekali. Selain efektif menghilangkan bau, merendam kaki di larutan garam menimbulkan sensasi nyaman.

5. Cuka apel

Cuka apel mengandung antibakteri yang mampu menghilangkan bau. Namun, bagi yang tidak terbiasa dengan bau cuka apel, bahan ini dapat dijadikan urutan terakhir.

Selain itu, untuk yang mempunyai luka di bagian kaki, bahan ini juga kurang disarankan karena akan terasa sangat perih.

Cara penggunaannya cukup mudah. Campurkan 2 bagian air hangat dan 1 bagian cuka (sari apel atau cuka putih keduanya bisa digunakan) ke dalam bak dan rendam kaki selama 15-20 menit.

6. Baby powder/ bedak bayi

Selain mudah dijumpai, bedak bayi mempunyai kelebihan aromanya yang harum. Bedak ini berfungsi untuk mengurangi kelembaban kaki selama menggunakan sepatu.

Caranya sangat sederhana. Cukup taburkan bedak bayi di kaki yang tertutup sepatu. Jika perlu taburkan juga bedak di dalam sepatu yang hendak dipakai.

7. Minyak kelapa

Hal ini belum terbukti secara medis, namun juga layak untuk dicoba karena terbukti efektif untuk beberapa orang. Minyak kelapa mengandung asam laurat yang mampu membunuh bakteri penyebab bau kaki.

Caranya, campurkan minyak kelapa dengan minyak esensial cedarwood, lalu pijat kaki dengan campuran tersebut.

8. Air beras

Beberapa sumber mengatakan bahwa untuk menghilangkan bau kaki bisa menggunakan rendaman air beras biasa, maupun beras yang direbus.

Caranya, rendam beras biasa ke dalam air selama tiga puluh menit, lalu tiriskan untuk mendapatkan ekstrak air beras. Rendam kaki di dalam air beras ini selama 10-15 menit.

Lakukan ini sebanyak dua kali setiap minggu. Merendam kaki dengan air beras merupakan salah satu cara terbaik untuk menghilangkan bau kaki.



Itulah tadi bahan-bahan yang dapat mengobati bau kaki yang mudah dicari di rumah. Jadi ketika masalah bau kaki datang menghantui, tidak perlu pusing-pusing lagi ya. Periksa dulu lemari di rumahmu. Selamat mencoba!