Untuk Dijadikan Pelajaran, Berikut 4 Selebritas Tanah Air yang Direnggut oleh Kanker Payudara

Kanker payudara rupanya bisa menyerang siapa saja, tidak pandang bulu. Baik itu selebritis maupun orang biasa. Sudah banyak korban yang disebabkan oleh penyakit ini.

Menurut World Health Organization, setiap tahunnya, diperkirakan ada 2,1 juta wanita yang menderita penyakit ini. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa laki-laki juga bisa mengidap kanker payudara.

Beberapa artis tanah air juga pernah menderita penyakit ini. Dari sekian banyak artis dalam negeri yang pernah menderita kanker payudara, diantaranya tidak bisa tertolong karena sudah mencapai keganasan yang tinggi.

Berikut 5 artis yang dulu pernah berjuang dan harus menyerah melawan ganasnya kanker payudara.

1. Renita Sukardi

instagram/irensukardi

Pesinetron muda ini menghembuskan nafas terakhirnya di RSCM Jakarta Pusat pada tahun 2017 lalu. Renita meninggal di usia 38 tahun setelah kalah melawan kanker payudara stadium 3B.

Sebelumnya Renita juga pernah mengidap penyakit ini dan dinyatakan sembuh pada tahun 2014. Sisa sel-sel kanker yang masih ada di dalam tubuh kembali menyerang.

Baca Juga: Jangan Menunggu Parah, Kanker Payudara Bisa Dideteksi dengan 3 Cara Ini

2. Yana Zein


Dikenal sebagai pemain sinetron yang kerap memerankan peran antagonis, ibu dari 2 orang putri ini  meninggal akibat kanker payudara stadium 4. Saat dirawat, rupanya kanker yang ada di tubuh Yana sudah menyebar ke organ-organ lain.

Dari hasil pemeriksaan dokter, rupanya selain di payudara, kanker juga sudah termanifestasi di kelenjar getah bening. Keterlambatan penanganan kanker diketahui memperkecil harapan hidup pasien kanker.

3. Iceu Wong


Pelantun lagu dangdut "Pacar Lima Langkah" ini berpulang ke pangkuan Tuhan di usianya yang cukup belia, 30 tahun. Kanker stadium 4 yang merenggutnya tahun 2015 rupanya merupakan pertumbuhan dari kanker stadium 2 yang sudah dideritanya cukup lama.

4. Melky Goeslaw

wikipedia.com

Ayah dari Melly Goeslaw ini merupakan salah satu kasus yang menunjukkan bahwa kanker payudara juga bisa menyerang pria. Di akhir hayatnya, selain menderita kanker payudara stadium 4, penyanyi  terbaik dengan banyak penghargaan ini juga menderita penyakit lain seperti penyakit jantung, paru, dan diabetes. Ia meninggal pada tahun 2006 saat tiba di IGD Rumah Sakit Pusat Pertamina.



Kanker payudara tidak pandang bulu. Namun penyakit ini sangat mungkin untuk disembuhkan ketika masih di stadium awal. Menjaga pola makan sehat dan rutin melakukan deteksi dini berperan penting agar bisa terhindar dari keganasan penyakit ini.