Atasi Ambeien di Rumah dengan 7 Obat Alami yang Terbukti Ampuh

Ambeien menjadi salah satu gangguan yang sering terjadi dan dapat menimpa siapapun. Meskipun terkadang dapat sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi tentunya akan terasa tidak nyaman dan dapat mengganggu aktivitas sehari hari. Dibandingkan mengkonsumsi obat-obatan kimia, penggunaan obat-obatan alami dalam menyembuhkan ambeien juga direkomendasikan.

Ilustrasi terserang ambeien
Ilustrasi terserang ambeien. (Freepik.com/Spukkato)

AFYA-ONLINE.COM - Ambeien atau yang juga dikenal sebagai wasir merupakan pembengkakan pembuluh darah yang terjadi pada bagian anus. Gejala umum yang biasanya terjadi pada penderitanya yaitu rasa sakit, gatal, hingga pendarahan di sekitar dubur.

Penyakit ini bisa berkembang di bagian dalam maupun luar anus dan rectum, atau disebut dengan wasir internal dan eksternal. Kondisi ini sebenarnya masalah umum yang seringkali terjadi. Beberapa kasus menyatakan ambeien bisa hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu, namun tentu saja ini akan menyebabkan ketidaknyamanan saat beraktivitas sehari hari.

Namun tenang saja, obat-obatan alami di bawah ini dipercaya mampu mengatasi ambeien dengan mudah dan aman.

1. Witch hazel

Tanaman herbal yang sangat direkomendasikan bagi Anda yang sedang menderita ambeien adalah witch hazel. Obat alami ini mampu mengurangi rasa gatal dan nyeri, yang mana menjadi 2 gejala utama yang sering dirasakan penderita ambeien.

Kandungan tanin serta minyak alami di dalamnya sangat membantu mengurangi peradangan, iritasi serta pembengkakan di daerah anus yang disebabkan ambeien. Saat ini sudah banyak produk-produk yang menggunakan kandungan witch hazel di dalamnya seperti sabun dan tisu anti bakteri.

2. Lidah buaya

Tanaman yang satu ini memang kaya manfaat, tak hanya dapat digunakan untuk kecantikan kulit dan rambut saja, namun khasiatnya juga diperuntukkan untuk penyembuhan ambeien secara alami.

Lidah buaya mampu mengurangi peradangan dan meringankan rasa nyeri di daerah anus yang diakibatkan ambeien. Selain itu lidah buaya juga sangat membantu proses pemulihan luka ambeien jadi lebih cepat.

Gunakan gel lidah buaya ataupun bisa langsung mengoleskan lidah buaya yang sudah dihaluskan di bagian anus yang bengkak. Lakukan pengobatan ini rutin 2-3 kali sehari hingga kondisi ambeien membaik.

3. Berendam dalam air hangat

Cara ini memang terbilang cukup ampuh untuk mengatasi berbagai gejala ambeien seperti iritasi, gatal, hingga nyeri yang cukup menyiksa pada bagian anus.

Cukup duduk dalam bak mandi yang sudah berisikan air hangat dan kemudian berendam kurang lebih selama 20 menit. Setelah itu keringkan daerah anus menggunakan handuk yang bersih dan lakukan secara perlahan. Ulangi langkah ini selama 2-3 kali sehari untuk meredakan gejala wasir.

4. Garam epsom dan gliserin

Perawatan alami ambeien ini mungkin belum diketahui oleh banyak orang, namun sangat direkomendasikan untuk dicoba. Gunakan bahan-bahan sederhana untuk menghasilkan obat yang bisa langsung dioleskan pada bagian yang meradang.

Campurkan 2sdm garam Epsom dan 2sdm gliserin. Aduk merata dan kemudian oleskan campuran tersebut pada kain kasa, letakkan di bagian yang terasa sakit dan nyeri. Biarkan selama 15-20 menit dan kemudian ulangi kembali langkah ini setiap 4-6 jam sekali hingga rasa nyeri dapat mereda.

5. Kompres es batu

Kompres es batu juga sangat dianjurkan untuk dilakukan agar mengurangi rasa nyeri yang terjadi akibat ambeien. Hal ini juga akan membantu untuk mengurangi pembengkakan yang terjadi di daerah anus.

Caranya pun juga mudah, anda bisa membungkus es batu terlebih dahulu menggunakan kain bersih kemudian kompres di bagian anus yang terasa nyeri. Lakukan cara ini selama 15 menit dan ulangi setiap hari secara rutin.

6. Minyak mineral dan essential oil

Ada banyak jenis pilihan minyak mineral serta essential oil yang bisa digunakan menjadi obat alami untuk menyembuhkan wasir. Seperti minyak vitamin E, minyak kelapa, petroleum jelly, ekstrak kacang almond, minyak ikan, serta minyak chamomile.

7. Teh hitam

Teh hitam memiliki kandungan asam tanin yang sifatnya mirip seperti astringent alami, sehingga membantu untuk mengurangi bengkak serta rasa sakit yang disebabkan karena wasir.

Anda hanya perlu menggunakan 1 kantung teh hitam yang sudah dicelupkan ke dalam air panas, kemudian angkat dan dinginkan sebentar hingga agak hangat. Barulah aplikasikan pada bagian anus yang mengalami bengkak selama 10 menit, lakukan cara ini 2-3 kali sehari.

Alternatif lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan kantung teh hitam bekas yang telah didinginkan ke dalam anus selama 5-10 menit.



Ambeien atau wasir merupakan gangguan yang sangat mudah untuk dirawat dan diatasi dengan sendirinya. Namun pada beberapa kasus langka, wasir memang dapat menyebabkan komplikasi yang berbahaya.

Jika treatment yang dilakukan sendiri di rumah tidak efektif dan tak kunjung sembuh hingga lebih dari 2 minggu, akan lebih baik untuk segera mengunjungi dokter. Nantinya dokter dapat menyarankan obat maupun pengobatan seperti tindakan operasi yang dapat dilakukan demi mengatasi ambeien.

Selain itu jangan lupa meningkatkan asupan air putih selama menderita ambeien karena air putih akan sangat membantu untuk membersihkan organ bagian dalam dan menghidrasi tubuh secara keseluruhan. Mulai rubah gaya hidup yang tidak sehat sehingga ambeien tidak kambuh dan menyerang kembali.