Haid Tak Kunjung Selesai? Inilah 7 Cara Mengatasi Menstruasi Berlebihan dengan Aman

Siklus menstruasi tergolong dalam skala berat jika tubuh seorang wanita mengalami pendarahan hebat yang berlangsung selama lebih dari 7 hari. Beberapa perubahan lifestyle dan konsumsi suplemen maupun obat-obatan dapat membantu mengurangi pendarahan hebat dan mengatasi gejala lain yang muncul.

Ilustrasi ragam produk haid
Ilustrasi ragam produk haid. (Pexels.com/Vanessa Ramirez)

AFYA-ONLINE.COM - Masing-masing wanita mengalami siklus menstruasi secara berbeda, tetapi menstruasi Anda dianggap berlebihan jika Anda:

  1. Harus mengganti pembalut atau tampon tiap 1-2 jam sekali selama setidaknya satu hari.
  2. Darah menstruasi sering merembes ke pakaian Anda meskipun Anda sedang menggunakan produk haid (pembalut ataupun tampon).
  3. Menggunakan tampon dan pembalut secara bersamaan.
  4. Adanya gumpalan darah yang dikeluarkan dalam jumlah besar.
  5. Tubuh Anda terasa letih, lemah, dan Anda mengalami anemia.

Apabila Anda menjumpai salah satu dari kelima gejala tersebut, Anda patut waspada dan mencari tahu cara mengatasi menstruasi berlebihan yang tepat untuk mencegah timbulnya gangguan kesehatan yang lebih parah.

Berikut adalah cara mengatasi menstruasi berlebihan yang dapat Anda terapkan untuk meredakan gejala yang Anda alami.

1. Istirahat cukup

Tubuh Anda membutuhkan cukup energi untuk memulihkan persentase total darah di dalam tubuh yang hilang selama menstruasi. Luangkan waktu Anda untuk beristirahat selagi memungkinkan untuk mencegah tubuh Anda mengalami kelelahan.

2. Rutin berolahraga

Rutin berolahraga dapat membantu beberapa orang mengatasi menorrhagia yang mereka alami. Misalnya, olahraga ringan seperti yoga terbukti dapat membantu Anda mengurangi stres terkait periode haid berat yang Anda alami.

3. Konsumsi suplemen zat besi

Ketika Anda mengalami periode haid berat yang mengakibatkan Anda harus kehilangan banyak darah, pada saat yang bersamaan tubuh Anda juga sedang kehilangan banyak zat besi. Zat besi dibutuhkan oleh tubuh untuk membuat sel darah baru.

Dengan mengonsumsi suplemen zat besi, Anda telah memastikan bahwa tubuh Anda memproduksi cukup sel darah merah untuk dialirkan ke seluruh anggota badan. Hal ini kemudian dapat membantu Anda terhindar dari anemia, suatu kondisi di mana tubuh Anda kekurangan sel darah merah dalam jumlah besar.

Selain mengonsumsi suplemen zat besi, Anda juga dapat makan lebih banyak makanan kaya akan zat besi, termasuk daging, kacang-kacangan, dan sayuran berdaun hijau.

4. Konsumsi cukup vitamin C

Tubuh kita tidak mudah menyerap zat besi, akan tetapi vitamin C dapat membantu mempercepat proses penyerapan tersebut.

Mengonsumsi suplemen bervitamin C atau makan makanan yang kaya akan vitamin C (seperti buah jeruk) bersamaan dengan suplemen zat besi dapat membantu Anda mencegah terjadinya kekurangan zat besi di dalam tubuh (anemia).

5. Minum cukup air

Menstruasi berat di mana Anda harus kehilangan banyak darah dapat menyebabkan tubuh kehilangan banyak zat besi dan cairan. Mengisi ulang pasokan air yang terbuang dari tubuh dengan tetap terhidrasi dapat memperbaiki kondisi kesehatan Anda sekaligus mengisi ulang energi Anda secara keseluruhan.

6. Ganti pembalut konvensional dengan menstrual cups

Menstrual cups adalah wadah kecil terbuat dari silikon yang dimasukkan ke dalam alat kelamin wanita untuk menampung darah menstruasi di saluran organ reproduksi tersebut.

Meskipun penggunaan menstrual cups tidak secara signifikan akan mengurangi jumlah dan arus aliran darah menstruasi yang dikeluarkan, hal ini dapat membantu Anda untuk mengurangi frekuensi bolak-balik ke kamar mandi seminimal mungkin.

Kapasitas penampungan menstrual cup dinilai lebih besar daripada pembalut atau tampon. Dengan begitu, Anda hanya perlu sesekali saja mengosongkan isi cawan tersebut. Dari segi kenyamanan, menstrual cup menawarkan keunggulan yang tidak dimiliki baik oleh pembalut maupun tampon.

Menstrual cups dijual bebas secara online. Walaupun harganya lebih mahal ketimbang produk haid konvensional lainnya, biaya perawatan dan semacamnya jauh lebih murah sebab menstrual cups didesain agar nyaman dan awet digunakan dalam jangka panjang.

7. Konsumsi obat anti-inflamasi nonsteroid

Anda dapat mengonsumsi Nonsteroidal Anti-Inflammatory Drugs (NSAIDs) dalam bentuk tablet selama Anda mengalami pendarahan hebat ketika menstruasi sampai setelah siklus haid Anda berakhir.

NSAIDs yang digunakan untuk mengatasi menstruasi berlebihan meliputi:

  • Ibuprofen
  • Asam mefenamat
  • Naproxen

Asam mefenamat dan naproxen hanya tersedia dengan resep dokter. Oleh karena itu, Anda mungkin akan mengalami kesulitan untuk memperolehnya secara bebas di apotik.

Cara kerja NSAIDs antara lain mengurangi produksi hormon prostaglandin di dalam tubuh Anda di mana hormon ini berkaitan dengan terjadinya pendarahan hebat saat haid. Di samping itu, NSAIDs juga dapat membantu meredakan nyeri haid. NSAIDs aman dikonsumsi selama Anda tidak merasakan efek samping dari konsumsi obat-obatan tersebut.

Pastikan Anda tidak mengonsumsi lebih dari dosis harian yang disarankan (Anda dapat mengecek penjelasan lengkapnya pada label yang tercantum di kemasan).



Seperti yang telah diuraikan dengan jelas di atas, terdapat berbagai pilihan cara mengatasi menstruasi berlebihan yang tersedia untuk siklus menstruasi berat yang Anda alami. Walaupun begitu, tidak semua perawatan yang tertera di atas cocok ditargetkan untuk Anda.

Pilihan perawatan apa yang harus Anda ambil akan tergantung pada:

  • Gejala yang muncul
  • Kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan
  • Penyebab menstruasi berlebihan yang Anda alami
  • Program kehamilan yang hendak dijadwalkan dalam waktu dekat
  • Preferensi pribadi Anda

Anda harus mendiskusikan terlebih dahulu manfaat dan resiko dari berbagai pilihan yang tersedia dengan dokter Anda untuk mencegah potensi terpapar bahaya kesehatan yang tidak diinginkan.