Hindari Obat-obatan, Inilah 7 Tips Mengobati Flu Secara Alami Tanpa Perlu ke Dokter

Ketika musim pancaroba datang, tidak sedikit dari kita yang berjuang melawan serangan berbagai bakteri dan virus yang dapat melemahkan sistem pertahanan tubuh. Flu adalah salah satunya. Pada artikel berikut terdapat beberapa tips mengobati flu secara alami untuk meringankan tiap gejala yang timbul.

Wanita dengan gejala flu
Wanita dengan gejala flu. (Pixabay.com/Mojca JJ)

AFYA-ONLINE.COM - Saat Anda sakit, bahkan ketika Anda berbaring di tempat tidur yang nyaman di rumah, segalanya terasa tidak mengenakkan. Kombinasi antara rasa sakit yang Anda rasakan di sekujur tubuh, demam, menggigil kedinginan, ditambah lagi dengan hidung tersumbat pastinya cukup untuk membuat siapa pun sengsara.

Ada banyak metode pengobatan rumahan yang dapat Anda terapkan untuk meringankan gejala flu sekaligus membuat Anda merasa lebih baik. Jika Anda masih merasa sakit setelah beberapa minggu, segera temui dokter kepercayaan Anda.

Apabila Anda mengalami kesulitan bernapas, jantung berbedar, mudah pingsan, atau menemui tanda-tanda parah lainnya, segera dapatkan bantuan medis lebih dini.

Sekarang, apakah Anda siap untuk mencoba tips mengobati flu secara alami berikut ini?

1. Berkumur dengan larutan air garam

Segera lakukan metode pengobatan yang pertama ini setelah Anda mulai merasa tidak enak badan! Bukan cuma membantu melegakan tenggorokan gatal dan pusing yang Anda rasakan, namun berkumur dengan larutan air garam dapat menarik bakteri keluar dari daerah tenggorokan.

Larutkan seperempat hingga setengah sendok teh garam dalam segelas air hangat dan kumur sebanyak 1-2 kali sehari.

2. Minum teh jahe

Jahe merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang dinilai memiliki kandungan anti-inflamasi dan anti-bakteri. Selain itu, jahe juga diyakini mampu membantu Anda mengatasi hidung mampet, mual, pilek, dan demam ketika flu.

Mengonsumsi minuman berbahan dasar jahe saat Anda tengah sakit dapat meringankan tiap gejala kurang mengenakkan yang Anda rasakan dengan baik.

3. Kunyah bawang putih

Bawang putih adalah sumber antioksidan kuat yang mengandung elemen-elemen hebat seperti antimikroba, antivirus, dan antibiotik. Bawang putih juga kaya akan kandungan mineral, enzim, vitamin C, belerang, dan selenium yang mana kesemua ampuh membantu meredakan baik flu maupun masuk angin.

Tambahkan bawang putih ke dalam hidangan Anda, atau tantang diri Anda untuk mengunyah satu siung bawang putih utuh jika Anda benar-benar berani!

4. Perbanyak konsumsi vitamin C

Terdapat dalam banyak ragam buah-buahan seperti jeruk nipis, jeruk, jeruk bali, bahkan di dalam beberapa jenis sayuran hijau sekali pun, vitamin C berperan penting bagi tubuh Anda di samping memiliki banyak khasiat untuk kesehatan Anda.

Lemon merupakan salah satu sumber vitamin C yang baik. Anda dapat menambahkan perasan lemon segar ke dalam secangkir teh hangat dengan campuran madu untuk mengurangi dahak yang menyumbat tenggorokan Anda.

Minum limun hangat atau dingin juga dipercaya dapat membantu meringankan gejala yang sama.
Walaupun minuman-minuman berbahan dasar jeruk atau lemon tidak sepenuhnya dapat membasmi bakteri flu yang menyerang tubuh Anda, namun minuman tersebut setidaknya bisa membantu Anda mendapatkan asupan vitamin C yang dibutuhkan oleh sistem umum tubuh Anda.

Dengan mendapatkan cukup asupan vitamin C tiap harinya, infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) dan penyakit lainnya dapat diredakan dengan signifikan.

5. Konsumsi probiotik

Probiotik ialah bakteri “baik” yang dapat ditemukan dalam beberapa jenis makanan, suplemen kesehatan, bahkan di dalam tubuh Anda! Probiotik dapat membantu Anda menjaga kesehatan usus dan sistem kekebalan tubuh supaya senantiasa sehat.

Bahkan, penelitian juga telah menunjukkan bahwa probiotik dapat mengurangi kemungkinan Anda terjangkiti infeksi saluran pernapasan atas, lho.

Agar Anda selalu memperoleh sumber bakteri bermanfaat yang bergizi dalam asupan nutrisi harian Anda, campurkan yogurt probiotk ke dalam kudapan Anda.

Selain manfaat potensialnya untuk memperkuat imunitas tubuh Anda, yogurt termasuk salah satu camilan sehat yang juga menyediakan banyak protein dan kalsium. Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari kudapan ini, pastikan Anda mencari produk yang mencantumkan label “bakteri hidup” pada kemasannnya, ya.

6. Oleskan vapor rub

Anda mungkin tidak suka dengan baunya, tetapi beberapa salep topikal tradisional seperti vapor rub tampaknya ampuh mengurangi gejala pilek baik pada anak-anak maupun orang dewasa.

Oleskan sedikit vapor rub sebelum tidur pada hidung dan dada untuk membantu Anda tidur nyenyak tanpa terganggu di sepanjang malam karena hidung tersumbat dan batuk.

7. Tingkatkan level kelembaban di dalam ruangan

Influenza mampu berkembang dan menyebar dengan mudah pada lingkungan yang kering. Meningkatkan level kelembaban udara di dalam rumah dapat mengurangi paparan Anda terhadap virus penyebab flu yang satu ini.

Peningkatkan kelembaban juga dapat mengurangi risiko terserang peradangan hidung, sehingga Anda dapat lebih mudah bernapas saat sakit.

Pasang humidifier di dalam kamar tidur Anda untuk membantu Anda beristirahat dengan lebih nyaman. Di musim hujan ketika cuaca sangat dingin, terutama, panas yang tersimpan di dalam ruangan yang kering dapat memperburuk gejala flu Anda.

Oleh karena itu, penting sekali untuk menyimpan humidifier demi menjaga tingkat kelembaban di seluruh penjuru rumah Anda. Anda bisa membeli humidifier di gerai perabotan rumah tangga atau pun memesan secara online, lho.

Ingat, air yang digunakan di dalam humidifier perlu diganti setiap hari untuk mencegah terjadinya pertumbuhan jamur di dalam perangkat tersebut.

Untuk mendapatkan efek yang sama tanpa perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk membawa pulang satu humidifier, Anda bisa mandi atau berlama-lama berendam di bak air hangat untuk melegakan saluran pernapasan Anda.



Selain ketujuh tips mengobati flu secara alami di atas, penting untuk diingat bahwa apapun upaya yang Anda lakukan untuk mengatasi penyakit tersebut tidak akan berdampak signifikan bagi proses penyembuhan Anda apabila Anda menolak untuk cukup beristirahat dan mengurangi jumlah aktivitas berat.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk tetap berada di rumah dan beristirahat selagi Anda sedang mengidap flu. Jika Anda bersikeras untuk bekerja atau melakukan aktivitas harian Anda seperti biasanya, Anda dapat menularkan penyakit tersebut pada rekan kerja ataupun orang lain di sekitar Anda.

Ini tentunya menjadi resiko besar bagi siapa saja, bukan?

Sebaiknya Anda tidak pergi bekerja ataupun melakukan aktivitas lainnya di luar ruangan selagi Anda belum sembuh betul dari demam selama 24 jam pertama tanpa mengonsumsi obat-obatan anti demam.

Dengan demikian, kondisi tubuh Anda pun dapat membaik dengan lebih cepat. Anda pun dapat kembali beraktivitas dengan nyaman tanpa gangguan flu seperti sedia kala.