7 Khasiat Minum Yogurt Setiap Hari bagi Kesehatan Anda Selain Melancarkan Pencernaan

Yogurt memiliki lebih banyak khasiat kesehatan daripada sekadar manfaatnya untuk melancarkan proses pencernaan Anda. Temukan ragam khasiat minum yogurt setiap hari pada artikel ini.

Semangkuk yogurt dengan buah dan oat
Semangkuk yogurt dengan buah dan oat. (Pixabay.com/Aline Ponce)

AFYA-ONLINE.COM - Yogurt telah dikonsumsi oleh manusia hampir ratusan tahun lamanya. Minuman yang satu ini sangat bergizi, dan mengonsumsinya secara teratur dipercaya dapat meningkatkan beberapa aspek kesehatan Anda, lho.

Misalnya, yogurt terbukti mampu mengurangi risiko penyakit jantung dan osteoporosis, serta membantu dalam menjaga berat badan agar senantiasa ideal.

Berikut ini, kami paparkan khasiat minum yogurt setiap hari bagi kesehatan tubuh Anda yang didukung dengan sains.

1. Kaya akan nutrisi penting

Yogurt mengandung hampir setiap nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh Anda. Yogurt dikenal mengandung banyak kalsium dan mineral yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang. Secangkir yogurt diketahui menyediakan sekitar 49% dari kebutuhan kalsium harian Anda.

Minuman ini juga tinggi vitamin B, terutama vitamin B12 dan riboflavin, yang mana keduanya dipercaya dapat melindungi jantung dari serangan penyakit dan cacat lahir tertentu pada bayi tabung.

Secangkir yogurt juga mencukupi sekitar 38% kebutuhan fosfor harian Anda, 12% kebutuhan magnesium, dan 18% kebutuhan kalium Anda. Mineral-mineral ini penting untuk menunjang terjadinya beberapa proses biologis, seperti mengatur tekanan darah, metabolisme tubuh, dan kesehatan tulang.

Salah satu jenis nutrisi yang tidak terkandung secara alami di dalam yogurt ialah vitamin D, tetapi biasanya yogurt diperkaya dengan ragam gizi tersebut.

Vitamin D dapat meningkatkan kesehatan tulang dan memperkuat sistem kekebalan tubuh serta mengurangi risiko beberapa penyakit, termasuk penyakit jantung dan depresi.

2. Mengandung protein dalam kadar tinggi

Yogurt mengandung protein dalam jumlah yang mengesankan, dengan kadar sekitar 12 gram per 7 ons.

Protein telah teruji mendukung kelancaran metabolisme tubuh dengan meningkatkan pengeluaran energi Anda, atau memperbanyak jumlah kalori yang Anda bakar setelah beraktivitas sepanjang hari.

Penting untuk mendapatkan cukup protein setiap harinya demi menjaga nafsu makan Anda, sebab jenis nutrisi yang satu ini dapat meningkatkan jumlah produksi hormon yang menandakan rasa kenyang saat Anda makan.

Secara otomatis, ini akan mengurangi jumlah kalori yang Anda konsumsi secara keseluruhan, yang kemudian dapat bermanfaat untuk menjaga berat badan ideal Anda.

Dalam sebuah penelitian, sampel yang diberikan yogurt sebagai menu cemilan mengakui bahwa mereka tidak terlalu merasakan lapar dan mengonsumsi 100 kalori lebih sedikit saat makan malam, dibandingkan dengan sampel yang makan makanan ringan berprotein rendah dengan jumlah kalori yang sama.

Efek mempercapat rasa kenyang yang dipunya oleh yogurt bahkan akan terasa lebih berkhasiat jika Anda makan yogurt Yunani, yang merupakan variasi yogurt yang sangat kental bahkan setelah disaring sekali pun! Yogurt Yunani mengandung lebih banyak protein daripada yogurt biasa, dengan kadar protein sekitar 22 gram per 7 ons.

3. Berkhasiat menjaga kesehatan organ pencernaan

Beberapa jenis yogurt mengandung bakteri hidup (probiotik) yang merupakan bagian dari kultur starter atau ditambahkan setelah melalui tahap pasteurisasi. Keberadaan bakteri-bakteri hidup ini dapat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan Anda saat dikonsumsi, lho.

Sayangnya, tidak sedikit yogurt telah melalui tahap pasteurisasi, yang merupakan tahap pemanasan tingkat tinggi yang dapat membunuh bakteri-bakteri hidup tersebut yang terkandung di dalam yogurt.

Untuk memastikan apakah yogurt Anda mengandung probiotik yang betul-betul berkhasiat bagi kesehatan Anda, carilah yogurt yang mengandung biakan aktif dan hidup (dapat Anda temukan dengan mudah pada label kemasan).

Beberapa jenis probiotik yang ditemukan dalam yogurt (seperti Bifidobacteria dan Lactobacillus) telah terbukti mengurangi gejala tidak nyaman yang dialami oleh pasien irritable bowel syndrome (IBS), yang merupakan gangguan umum yang menyerang usus besar.

Satu studi meneliti pasien IBS yang secara teratur mengonsumsi susu fermentasi atau yogurt dengan kandungan Bifidobacteria. Hanya dalam tiga minggu, para pasien tersebut mengaku mereka tidak lagi merasakan kembung dan frekuensi buang air besar (BAB) pun menjadi lebih lancar.

Studi lain mengungkapkan bahwa yogurt dengan kandungan Bifidobacteria juga dapat memperbaiki kondisi pencernaan Anda secara keseluruhan dan meningkatkan kualitas hidup yang berhubungan dengan kesehatan di kalangan wanita yang tidak terdiagnosa menderita gangguan pencernaan apapun sebelumnya.

Selain itu, beberapa penilitian juga membuktikan bahwa probiotik dapat melindungi Anda dari serangan diare yang terkait dengan konsumsi antibiotik dalam jumlah berlebih, serta sembelit.

4. Menguatkan sistem imun

Minum yogurt (khususnya yang mengandung probiotik) setiap hari dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda dan mengurangi risiko Anda tertular penyakit. Probiotik telah teruji secara klinis dapat mengurangi peradangan, yang terkait dengan beberapa penyakit mulai dari akibat infeksi virus hingga masalah kesehatan yang berhubungan dengan usus.

Sebuah studi menunjukkan bahwa dalam beberapa kasus, probiotik juga mampu mengurangi tingkat keparahan dan lamanya pilek yang menyerang Anda, lho.

Di samping itu, khasiat yogurt dalam meningkatkan kekebalan tubuh ini sebagian terjadi karena kandungan magnesium, selenium, dan seng di dalam yogurt yang merupakan mineral-mineral yang terkenal karena perannya untuk memperkuat sistem imun.

Yogurt yang diperkaya dengan vitamin D juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda dengan lebih baik lagi. Vitamin D sejak lama telah diketahui memiliki potensi penting untuk mencegah Anda terserang berbagai macam penyakit seperti flu dan demam.

5. Mengurangi risiko osteoporosis

Yogurt diperkaya dengan beberapa nutrisi penting untuk menjaga kesehatan tulang Anda, termasuk kalsium, protein, kalium, fosfor, dan vitamin D. Semua vitamin dan mineral ini sangat ampuh untuk mencegah terbentuknya osteoporosis, suatu kondisi yang ditandai dengan melemahnya tulang (yang umumnya terjadi pada orang tua dan lanjut usia).

Para penderita osteoporosis didiagnosa memiliki kepadatan tulang yang rendah dan risiko patah tulang yang lebih tinggi daripada mereka yang kesehatan tulangnya senantiasa terjaga.

Baca Juga: 6 Manfaat Diet Alkali bagi Kesehatan Tubuh, Hingga Dapat Mencegah Osteoporosis

Namun, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi setidaknya tiga porsi makanan atau minuman olahan susu (seperti yogurt) setiap hari dapat membantu menjaga massa dan kekuatan tulang.

6. Memelihara kesehatan organ jantung

Kandungan lemak dalam yogurt merupakan salah satu alasan mengapa khasiatnya bagi kesehatan tubuh kita seringkali menjadi kontroversial. Sebagian besar yogurt teridentifikasi memiliki kandungan lemak jenuh di dalamnya, dengan sejumlah kecil porsi asam lemak tak jenuh tunggal.

Lemak jenuh sebelumnya diyakini dapat menyebabkan penyakit jantung, tetapi penelitian saat ini menunjukkan bahwa lemak jenuh tersebut bukanlah masalah utama dari terjadinya serangan jantung. Meskipun demikian, jenis yogurt rendah lemak (bahkan bebas lemak) masih populer di Indonesia.

Sejauh ini, tidak ada bukti jelas yang mengatakan bahwa lemak dalam yogurt dapat membahayakan kesehatan Anda. Bahkan, kandungan lemak tersebut sejatinya bisa bermanfaat bagi kesehatan jantung Anda, lho.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan lemak jenuh dari produk olahan susu murni dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) yang terbukti efektif memelihara kesehatan organ jantung. Studi lain juga mengemukakan bahwa asupan yogurt secara rutin dapat mengurangi terjadinya kasus penyakit jantung secara keseluruhan.

Baca Juga: Nggak Ribet, Sebenarnya Diabetes, Penyakit Jantung, Stroke Bisa Dicegah dengan 5 Cara Ini

Lebih lanjut lagi dikabarkan bahwa produk olahan susu seperti yogurt telah teruji ampuh membantu mengurangi tekanan darah tinggi, yang mana hal ini merupakan faktor utama terjadinya penyakit jantung. Efeknya tampak paling menonjol pada pasien yang sudah didiagnosis menderita hipertensi sebelumnya.

7. Menjaga berat badan ideal

Yogurt memiliki beberapa khasiat yang dapat membantu Anda dalam mengontrol berat badan.

Pertama, yogurt kaya akan protein, yang bekerja sama dengan kalsium untuk meningkatkan kadar hormon penekan nafsu makan. Selain itu, beberapa studi juga membuktikan bahwa konsumsi yogurt secara rutin dapat menurunkan berat badan Anda, mengurangi persentasi lemak tubuh, dan lingkar pinggang.

Berdasarkan salah satu ulasan dari jurnal sains, asupan produk olahan susu dengan lemak, termasuk yogurt, terbukti dapat mengurangi terjadinya obesitas, lho! Hasil penelitian ini tentunya bertentangan dengan keyakinan kebanyakan orang sebelumnya yang mempercayai bahwa konsumsi lemak dapat berimbas pada peningkatkan berat badan.



Pastikan Anda mengingat beberapa poin krusial berikut untuk mendapatkan seluruh khasiat minum yogurt setiap hari bagi kesehatan tubuh Anda:

  • Yogurt Yunani lebih disarankan untuk dikonsumsi secara rutin mengingat kadar proteinnya yang lebih tinggi daripada kebanyakan yogurt namun lebih rendah gula.
  • Pilih yogurt yang menawarkan kultur hidup atau aktif apabila Anda ingin merasakan khasiat minum yogurt yang lebih dahsyat atau meningkatkan kekebalan tubuh Anda secara maksimal. Kultur hidup atau aktif adalah bahan utama yang dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus Anda.
  • Awasi kadar gula yang terkandung dalam yogurt pilihan Anda. Gula ditemukan secara alami terdapat dalam susu dan buah (jika Anda memilih untuk menambahkan beberapa potongan buah ke dalam yogurt Anda), tetapi gula tambahan tidak perlu menjagi bagian dari cemilan sehat Anda tersebut.

Jadi, tunggu apa lagi? Ambil semangkuk yogurt dan kudap cemilan sehat nan lezat tersebut sekarang juga!