Tak Sekadar Menyegarkan, Inilah 6 Manfaat Infused Water untuk Kebugaran Tubuh

Infused water dengan buah-buahan ialah cara cerdas dan lezat yang kekinian untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh tanpa khawatir kelebihan gula dan kalori. Ada banyak khasiat kesehatan dari infused water, meliputi mengontrol nafsu makan, detoksifikasi tubuh, mencegah sembelit, dan meningkatkan kinerja otak.

Kombinasi buah beri untuk infused water
Kombinasi buah beri untuk infused water. (Pixabay.com/rawpixel)

AFYA-ONLINE.COM - Bukan cuma penampilan infused water saja yang menarik perhatian masyarakat umum, minuman kesehatan yang satu ini juga memungkinkan Anda untuk mengonsumsi lebih banyak vitamin dan nutrisi secara alami.

Tren populer ini bahkan dapat meningkatkan sisi kreativitas Anda untuk berkreasi dengan mengombinasikan beragam buah dan rempah favorit Anda demi mendapatkan minuman segar yang bercita rasa tinggi.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sekitar 20% vitamin dan nutrisi di dalam buah-buahan dan sayuran tertentu dapat diserap dengan lebih baik oleh tubuh ketika dimasukkan ke dalam air selama beberapa jam atau setelah dibiarkan semalaman.

Cita rasa khas dari buah-buahan dan sayuran yang terdapat di dalam infused water pun menjadi alasan lain mengapa orang-orang tidak henti mengagung-agungkan jenis minuman baru ini.

Selain meningkatkan asupan vitamin Anda, infused water juga dapat meningkatkan konsumsi cairan hairan Anda secara alami, lho. Air diketahui membantu mempercepat metabolisme tubuh Anda, meningkatkan kadar energi di dalam tubuh, mencegah kram, dan masih banyak sederet manfaat penting lainnya.

Tetapi, tidak semua orang menikmati rasa air yang “biasa-biasa saja”. Orang yang sehari-harinya lebih gemar minum soda atau jus sekarang memiliki opsi alternatif yang jauh lebih sehat (dan tentunya lezat!).

Ada lebih banyak manfaat dari menambahkan potongan buah-buahan ke dalam air minum Anda lebih dari semata-mata menambahkan rasa saja. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda petik dari konsumsi infused water secara rutin.

1. Detoksifikasi tubuh dari racun

Seringkali kita mendengar saran dari para pakar kesehatan untuk minum banyak air ketika kita sakit. Hal ini dikarenakan air melakukan pekerjaan luar biasa untuk mengeluarkan racun dari sistem tubuh kita. Nah, manfaat tersebut pun juga dapat Anda dapatkan dengan menenggak segelas infused water segar tiap hari.

Ginjal bekerja sebagai sistem penyaringan darah. Ginjal tidak dapat melakukan pekerjaannya dengan baik jika tidak “didorong” dengan konsumsi air yang cukup. Air memungkinkan ginjal untuk menyiram keluar apa-apa saja yang telah dikumpulkan dari tubuh secara alami.

Ketika Anda sakit, tubuh Anda memiliki lebih banyak racun dari biasanya. Di saat yang bersamaan, Anda juga akan membutuhkan lebih banyak cairan untuk mengimbangi kerja ekstra ginjal.

2. Mencegah sembelit

Salah satu manfaat terbesar dari mengonsumsi infused water adalah fakta bahwa minuman trendi tersebut dapat melancarkan sistem pencernaan Anda. Dengan kata lain, Anda dapat terhindar dari gangguan pencernaan seperti sembelit.

Konstipasi dapat menyebabkan masalah kesehatan jika tidak ditangani dengan baik. Walaupun demikian, Anda tidak perlu cemas sebab sembelit merupakan masalah yang cukup umum dihadapi kebanyakan orang dan biasanya mudah diobati.

Air adalah pelumas alami yang membuat semuanya berjalan lancar. Jika usus besar tidak menerima air yang dibutuhkannya setiap hari, organ yang satu ini dapat mengering. Hal ini dapat menimbulkan sembelit dan masalah kesehatan lainnya dalam waktu singkat.

3. Meningkatkan kinerja otak

Infused water membawa nutrisi yang diserap dari dalam makanan menuju ke otak, untuk kemudian memungkinkan otak bekerja mendetoksifikasi tubuh dari racun-racun yang dapat mengancam kesehatan tubuh.

Jika otak terhidrasi dengan baik, organ penting tersebut dapat membilas racun dan menerima nutrisi dengan lebih lancar, sehingga menghasilkan kinerja terbaik untuk membantu Anda melakukan beragam aktivitas sehari-hari.

Studi menunjukkan bahwa dehidrasi ringan sekalipun dapat merusak fungsi otak, menyebabkan sakit kepala, memperburuk suasana hati (mood), dan terjadinya penurunan energi serta konsentrasi.

4. Memenuhi asupan cairan tubuh

Tubuh Anda membutuhkan air agar tetap terhidrasi. Namun, minum lebih banyak air tidak serta-merta dapat menghidrasi tubuh Anda dengan lebih baik. Untuk menyerap air, tubuh Anda membutuhkan salah satu jenis mineral yang dikenal sebagai elektrolit.

Pada dasarnya, elektrolit membawa muatan yang mengarahkan masing-masing molekul air ke mana mereka harus pergi. Terlebih lagi, elektrolit juga dapat menjaga keseimbangan jumlah cairan di dalam sel tubuh, lho. Beberapa elektrolit utama yang kita perlukan, antara lain:

  • Kalsium
  • Potasium
  • Magnesium
  • Sodium

Salah satu manfaat infused water adalah kandungan elektrolit dari buah masuk ke dalam air, yang jika dikonsumsi maka akan terserap oleh tubuh. Hal ini utamanya berlaku untuk infused water yang menggunakan potongan buah jeruk sebagai campurannya dikarenakan kandugannya yang kaya akan elektrolit.

Mentimun juga merupakan sumber elektronik yang baik. Tidak heran jika kombinasi antara lemon dan mentimun menjadi salah satu resep infused water yang paling populer dikonsumsi!

5. Mengenyangkan perut dengan lebih cepat

Tidak sedikit riset yang sudah dilakukan mengenai keterkaitan antara konsumsi infused water dengan rasa kenyang yang kita rasakan. Sebagai contoh, terdapat satu penelitian dengan hasil yang menemukan bahwa minum air (tidak terkecuali infused water) sebelum makan efektif mengurangi konsumsi kalori sebesar 13%!

Anda tidak perlu selalu minum infused water untuk dapat merasakan khasiat yang satu ini. Namun, jika rasa segar dari infused water membantu Anda untuk mengonsumsi lebih banyak air, maka Anda dapat merasa lebih cepat kenyang, lho.

6. Menahan rasa lapar

Sebuah riset yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan beberapa fakta menarik bagi orang-orang yang selama ini berjuang menahan lapar demi mengikuti program diet ketat.

Para ilmuwan menguji hasrat pada sampel penelitian dengan membandingkan respon antara setelah minum air putih dan air manis. Para sampel yang minum air manis memiliki lebih sedikit rasa lapar sesudahnya.

Jadi, tambahkan beberapa rasa lagi ke dalam infused water buatan Anda jika Anda berkeinginan untuk menahan rasa lapar selama beberapa jam ke depan.



Mencampurkan buah dan sayuran ke dalam minuman Anda tidak hanya menjadi giat menjaga kesehatan yang menyenangkan untuk dilakukan, namun juga menjadikan aktivitas sederhana seperti minum air terasa jauh lebih mengasyikkan!

Apabila mengonsumsi infused water terdengar seperti satu gaya hidup sehat yang akan membuat Anda minum lebih banyak air, maka Anda harus bergabung dengan banyak orang lainnya yang telah mencoba terlebih dahulu khasiat kesehatan dari infused water ini.