Bolehkah Penderita Diabetes Menjalani Diet?

Bagi penderita diabetes, ada banyak pantangan makanan yang harus dihindari agar tidak menyebabkan kadar gula darah meningkat. Namun sebenarnya makanan tersebut tidaklah dilarang, hanya saja penting untuk membatasi porsinya. Karena itulah sangat disarankan bagi penderita diabetes untuk menjalani diet sehat, sehingga kadar gula darah bisa terkontrol dengan baik.

Ilustrasi diet sehat
Ilustrasi diet sehat. (Freepik.com/Freepik)

AFYA-ONLINE.COM - Diabetes adalah salah satu jenis penyakit yang cukup berbahaya, penyakit ini berkaitan dengan kadar gula darah yang cukup tinggi dan bisa menyebabkan komplikasi yang berbahaya.

Kebanyakan penderita diabetes memiliki banyak pantangan, terutama dalam hal makanan sehingga mencegah kadar gula darah naik. Karena itulah bagi penderita diabetes sangat disarankan untuk melakukan diet sehat agar kadar gula darah dapat terkontrol.

Apakah diet disarankan bagi penderita diabetes?

Bagi penderita diabetes maupun pradiabetes, dokter mungkin akan sangat merekomendasikan mereka untuk menemui ahli gizi yang dapat membantu untuk merencanakan makan sehat.

Rencana makan sehat tersebut akan sangat membantu mengontrol kadar gula darah (glukosa) di dalam tubuh, mengelola berat badan, serta mengendalikan faktor-faktor yang dapat menyebabkan resiko penyakit jantung, seperti lemak darah tinggi dan tekanan darah tinggi.

Saat konsumsi kalori dan lemak berlebihan, tubuh menciptakan peningkatan kadar glukosa darah yang tidak dibutuhkan. Dan jika ini tidak di cek secara rutin, akan sangat mungkin menyebabkan hiperglikemia atau glukosa darah tinggi.

Jika diteruskan dalam jangka panjang, akan menyebabkan berbagai komplikasi berbahaya seperti kerusakan ginjal, syaraf, hingga jantung. Anda bisa membantu menjaga kadar glukosa tetap normal dan aman dengan memilih makanan-makanan sehat untuk seharinya serta melacak bagaimana kebiasaan makan Anda.

Bagi kebanyakan penderita diabetes tipe 2, penurunan berat badan juga sangat membantu dan memudahkan untuk mengontrol kadar glukosa darah, serta berbagai manfaat kesehatan lainnya.

Jika dirasa perlu menurunkan berat badan, tak ada salahnya bagi penderita diabetes untuk menjalani diet. Asalkan dengan cara yang teratur serta bergizi, sehingga dapat mencapai tujuan dengan aman. Sehingga akan sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter dan ahli gizi dalam menentukan bagaimana program diet yang akan dijalani.

Bagaimana diet yang sehat bagi penderita diabetes?

Untuk diet khusus bagi penderita diabetes, sebenarnya lebih kepada panduan pola makan dengan memiliki makanan-makanan bergizi serta takaran porsi yang sesuai dan mengikuti jam makan rutin.

Dibandingkan menjalani diet ketat hingga mengurangi porsi makan, akan lebih baik jika penderita diabetes menjalani pola makan yang sehat, dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi, rendah kalori dan lemak. Seperti banyak mengkonsumsi buah, sayur, dan biji-bijian.

Makanan apa saja yang direkomendasikan bagi penderita diabetes?

Untuk diet penderita diabetes, pastikan makanan yang dikonsumsi sehari harinya dapat mencakup kebutuhan kalori. Selain itu penting untuk memasukkan sumber makanan padat gizi ke dalam menu sehari hari seperti di bawah ini.

Karbohidrat sehat

Selama proses pencernaan, gula dan karbohidrat kompleks akan terpecah ke dalam glukosa. Sehingga akan lebih baik untuk memfokuskan pada karbohidrat sehat, seperti misalnya sayur, buah, biji-bijian, kacang-kacangan (kacang polong, buncis, dan lentil) serta produk susu rendah lemak.

Hindari makan makanan karbohidrat yang kurang sehat, seperti makanan dan minuman yang memiliki tambahan lemak, gula, serta natrium.

Makanan yang kaya serat

Makanan yang mengandung serat tinggi akan sangat baik bagi penderita diabetes, seperti gandum utuh, buah pisang dan lainnya karena mampu menurunkan resiko penyakit jantung, serta mengendalikan kadar gula darah. Makanan yang kaya akan serat juga mencakup sayur-sayuran, buah, kacang-kacangan.

Ikan yang baik untuk jantung

Mengkonsumsi ikan yang sehat bagi organ jantung juga sangat direkomendasikan setidaknya 2 kali seminggu. Seperti jenis ikan salmon, tuna, makerel dan sarden yang mana kaya akan kandungan omega-3 yang sangat baik untuk jantung, karena dapat menurunkan kadar lemak darah atau trigliserida.

Namun sebaiknya hindari ikan yang diolah dengan cara digoreng ataupun ikan yang memiliki kadar merkuri tinggi seperti ikan todak, king makerel, dan tilefish.

Jadi tak ada salahnya untuk memasukkan ikan sebagai menu makanan diet sehari-hari. Dapat dikatakan jika ikan menjadi alternatif lauk yang lebih sehat dibandingkan dengan daging merah.

Lemak baik

Makanan yang memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal (Monounsaturated Fat) serta lemak tak jenuh ganda (Polyunsaturated Fat), seperti almond, alpukat, zaitun, minyak kacang dan kanola akan sangat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Namun jangan mengkonsumsinya terlalu banyak karena lemak-lemak ini memiliki jumlah kalori yang cukup tinggi.

Hasil apa yang didapat selama menjalani diet diabetes?

Tentunya diet yang dijalani penderita diabetes ini akan menjadi cara terbaik dalam menjaga kadar glukosa darah sehingga tetap terkendali. Hal ini pulalah yang juga akan mencegah terjadinya komplikasi diabetes.

Dan jika dirasa perlu untuk menurunkan berat badan, program diet ini bisa disesuaikan dengan tujuan yang spesifik.



Selain mengelola diabetes, diet diabetes juga akan memberikan manfaat kesehatan lainnya, karena selalu merekomendasikan buah, sayuran dan serat baik yang harus dikonsumsi sehari harinya.

Kemungkinan ini juga akan membantu mengurangi resiko penyakit kardiovaskular serta jenis kanker tertentu. Namun ingat, untuk menjalani program diet bagi penderita diabetes tidak bisa dilakukan sembarangan, Penting untuk berkonsultasi dengan dokter maupun ahli gizi Anda untuk merancang program diet yang sesuai kebutuhan.