Bahan Alami Untuk Menyembuhkan Penyakit Eksim Kulit

Penyakit eksim biasanya dapat disembuhkan dengan menggunakan obat atau salep yang diresepkan dokter. Akan tetapi penyakit eksim kulit ini sebenarnya juga bisa diobati dengan pengobatan sendiri di rumah, menggunakan bahan-bahan alami yang pastinya lebih aman karena tidak mengandung bahan kimia.

Ilustrasi penyakit eksim kulit
Ilustrasi penyakit eksim kulit. (Freepik.com/Psodaz)

AFYA-ONLINE.COM - Eksim merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup menganggu. Eksim adalah kondisi gangguan kulit yang ditandai dengan munculnya gatal dan ruam merah yang dapat muncul di seluruh permukaan kulit.

Biasanya eksim seringkali menyerang orang-orang yang memiliki kondisi kulit kering dan sensitif. Bahkan untuk kasus yang cukup parah, kulit dapat melepuh dan retak-retak.

Siapa saja yang bisa terserang penyakit eksim? Biasanya bayi atau anak kecil yang mudah terserang eksim. Seringkali di bagian dagu, pipi, ataupun di sekitar kulit kepala. Sedangkan untuk orang dewasa kebanyakan terserang di daerah pergelangan tangan, belakang leher, dan leher.

Untuk pengobatan medis, biasanya dokter akan meresepkan obat atau salep untuk mengurangi rasa gatal dan gejala lainnya. Namun penyakit eksim kulit ini juga bisa disembuhkan dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti di bawah ini.

Gel lidah buaya

Gel yang berasal dari daun lidah buaya ini juga sering digunakan untuk menyembuhkan penyakit eksim kulit. Bahkan penggunaannya sudah diterapkan sejak berabad-abad silam untuk mengobati berbagai penyakit, salah satunya eksim.

Kandungan di dalam lidah buaya ini cukup baik meliputi anti bakteri dan anti mikroba yang membantu mencegah infeksi kulit.

Saat ini sudah banyak gel lidah buaya yang dijual di toko-toko kesehatan hingga online.

Yang terpenting adalah pilih produk gel lidah buaya yang memiliki sedikit tambahan bahan kimia seperti alkohol, pewangi, pengawet dan pewarna yang bisa membuat kulit semakin iritasi. Atau akan lebih baik jika langsung menggunakan gel yang diambil dari daun lidah buaya.

Minyak kelapa

Minyak kelapa juga menjadi salah satu bahan alami yang sangat ampuh mengatasi penyakit eksim kulit. Khasiatnya ini dikarenakan kandungan anti bakteri, anti jamur, antioksidan, dan anti mikroba di dalamnya.

Tidak hanya itu saja, minyak kelapa juga memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin E, vitamin K, dan asam laurat yang berfungsi memerangi gatal dan membuat kulit lebih sejuk. Untuk penggunaannya juga mudah, Anda bisa mengoleskan langsung pada kulit yang gatal dan bermasalah.

Oleskan beberapa kali sehari untuk meredakan rasa gatal. Atau minyak kelapa bisa dikonsumsi untuk pengobatan dari dalam. Membantu meringankan gejala eksim serta meningkatkan kekebalan tubuh. Konsumsi 2-4 sdm minyak kelapa murni setiap harinya atau bisa ditambahkan ke dalam makanan dan minuman Anda.

Oatmeal

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui tentang khasiat dan fungsi oatmeal sebagai bahan alami yang bisa menyembuhkan eksim. Sifat anti-inflamasi di dalamnya cukup membantu rasa tidak nyaman yang disebabkan gatal-gatal akibat eksim.

Bukan hanya itu saja, oatmeal juga sangat membantu mengatasi kekeringan kulit, kekasaran, scaling, dan mengurangi intensitas gatal.

Untuk mengaplikasikannya, Anda bisa menyiapkan selembar kain bersih dan tipis beserta oatmeal kering. Gunakan 3 sdm oatmeal dan kemudian masukkan ke dalam kain tersebut dan ikat seperti berbentuk bundel kecil.

Kemudian masukkan ke dalam bak mandi yang telah berisikan air kurang lebih selama 1 menit. Setelah itu gosokkan pada bagian kulit tubuh yang bermasalah. Bilas dengan air bak mandi yang sudah direndam bersama dengan bundelan oatmeal tersebut. Lakukan cara ini rutin untuk meredakan rasa gatal yang menyiksa.

Madu

Madu sudah lama dipercaya sebagai salah satu bahan alami yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk pula eksim kulit. Kandungan anti bakteri dan anti inflamasi alami di dalamnya sudah digunakan sejak lama untuk menyembuhkan luka.

Madu akan sangat membantu menyembuhkan luka, hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena membantu tubuh melawan infeksi.

Ulasan terpercaya lainnya menyebutkan jika madu sangat berguna mengobati berbagai penyakit kulit seperti eksim. Madu bisa langsung diaplikasikan untuk mencegah infeksi sekaligus melembabkan kulit dan mempercepat proses penyembuhan.

Kunyit

Salah satu jenis rempah-rempah alami ini akan sangat membantu mengatasi permasalahan kulit, termasuk eksim. Studi yang diterbitkan dalam Journal of Drugs in Dermatology pada tahun 2010 menyebutkan jika kunyit dapat dijadikan obat alternatif dalam penyembuhan eksim karena kandungan antioksidan di dalamnya.

Selain itu terdapat pula kandungan kurkumin yang menjadi bahan aktif di dalam kunyit yang memiliki sifat anti-inflamasi dan bakterisida. Sehingga ampuh untuk mengobati peradangan serta gatal-gatal pada kulit.

Untuk penggunaannya, Anda bisa menggunakan bubuk kunyit yang diterapkan langsung pada bagian kulit yang bermasalah. Atau juga bisa dikonsumsi sebagai pengobatan dari dalam.



Selain pengobatan diatas, sangat penting pula untuk menjaga kebersihan kulit dengan mandi secara rutin, namun jangan sampai waktu mandi Anda terlalu lama, hindari menggaruk agar tidak memperburuk kondisi eksim, serta jangan lupa gunakan pelembab untuk mencegah kambuhnya gejala eksim.

Jika kondisi semakin memburuk, akan lebih baik untuk melakukan pengobatan diri ke dokter sehingga tidak memperburuk resiko yang dapat terjadi.